Juli 9, 2019

Cara Membuat Database Dengan cmd

By

Cara Membuat Database Dengan cmd – Dipembahasan kali ini kita akan bahas Cara Membuat Database Dengan cmd.

Komputer sistem operasinya memiliki dua versi tampilan, yaitu tampilan GUI (Graphic User Interpace) dan CUI (Command Line Interpace).

Kedua nya memiliki keunggulan masing-masing, namun Windows lebih mengutamakan tampilan interpacenya ketimbang command line, namun dibalik tampilan interpace nya tersebut ada command line yang tetap berjalan. Bagi sebagian orang awam memang command line ini sangat rumit untuk dipahami, sebab hanya ada gambar hitam dan text saja.

Baik kali ini kita coba menggunakan command promt untuk membuat databse, dengan perintah perintah nya, dengan database Sekolah dan tabel murid. Dengan menggunakan XAMPP sebagai server local yang kita instal di komputer.

  1. Pertama aktifkan SQL di XAMPP

2. Tekan Windows + R
3. Ketikan :
a. cd ..
b. cd ..
c. cd xampp
d. cd mysql
e. cd bin
f. mysql -u root
Disini kita masuk ke mysql di dalam localhost kita.

mysql -u root

4. Creat New database
Perintah nya “Create database sekolah;” jika ingin membuat database sekolah.

create database sekolah

5. Show databases
Setelah dibuat, silahkan bisa dicoba lihat dahulu, apakah sudah ada atau belum dengan perintah “show databases;”

show database

6. Lalau kita masuk ke database nya dengan perintah “Use Sekolah;”.

use database

7. Jika sudah masuk ke lokasi database sekolah, selanjutnya kita mulai membuat tabelnya. dengan “Insert into table murid ( no char (5), nama_murid varchar (50), jenis_kelamin varchar (20), alamat varchar (50));” tanpa tanda petik.

create table murid

8. Jika sudah membuat tabel murid, kali ini kita memasukan data atau datanya ke masing masing fieldnya, seperti berikut. ” insert into murid values(‘1′,’Potensi kita’,’Pria’,’Bekasi;).
Ulangi seperti perintah tersebut jika ingin menambahkan data.

9. Kemudian mari kita cek isi tabel yang sudah kita input kedalam filednya, perintahnya adalah “select * from murid;” tanpa tanda kutip.

select * from murid;

Bagaimana, cukup mudah bukan, sekian pembahasan kali ini, dan nantikan pembahasan tentang yang lainnya. jika ada request atau yang lain, silahkan bisa di ajukan dalam komentar, terimakasih.

murid

Prev Post

Syarat Sah Shalat Yang Harus…

Next Post

Pengertian database

post-bars