Sejarah

HUT RI Identik Dengan Panjat Pinang

HUT RI identik dengan panjat Pinang dengan sejarahnya

HUT RI identik dengan panjat pinang. Bagaimana awal mula panjat pinang, dan mengapa panjat pinang dilakukan saat HUT RI.

Panjat pinang selalu dikaitkan dengan HUT RI yang jatuh pada 17 Agustus, hampir disemua daerah memperlombakan panjat pinang. mungkin sudah menjadi ikon hari kemerdekaan Indonesia.

Panjat pinang yang sering dilakukan, batang nya menggunakan pohon pinang, dan diatasnya diberikan bambu melingkar, untuk menggantungkan hadiah-hadiah yang diberikan panitia. Bisa bermacam-macam hadiah yang digantungkan, dan paling atas dikibarkan benderah Indonesia merah putih.

Sejarah panjat pinang

HUT RI Identik Dengan Panjat Pinang

Perlombaan panjat pinang bisa dikatakan perlombaan tertua, perlombaan yang sejak jaman penjajahan belanda, bisa dihitung berapa lama kah ?.

Perlombaan panjat pinang diperkenalkan oleh Belanda, ketika ada acara pernikahan dan libur nasional, khitanan dan acara-acara besar lainya, panjat pinang selalu dijadikan hiburan.

Pohon pinang ditancapkan oleh orang-orang belanda, dan menyaksikan pribumi melakukan perlombaan panjat pinang tersebut.

Hadiah-hadiah panjat pinang jaman dahulu

pohon pinang yang tinggi dan licin, tidak mudah digapai keatas hanya dengan sendirian, maka dibutuhkan beberapa orang untuk mendapatkan hadiah yang berada diujung panjat pinang.

Tidak banyak dan mewah seperti saat ini, pada saat itu hadiah yang digantungkan hanya bahan pangan, seperti gula, tepung, keju dan pakaian. Pada saat ini mungkin memang terlihat murah, namun kala itu rakyat masih dilanda kemiskinan, jadi hadiah tersebut amatlah menggiurkan dan mahal.

Kontropersi panjat pinang

Namun dimasyarakat saat ini, ada kontroversi tentang panjat pinang, bagi sebagian masyarakat. Panjat pinang adalah sebagai pembelajaran, bahwa untuk mencapai tujuan harus saling bahu membahu, dan saling mengatur strategi.

Dan bagi sebagian orang, panjat pinang adalah perlombaan yang merendahkan martabat bangsa Indonesia, sebab dikala itu. panjat pinang menjadi hiburan untuk orang-orang Belanda.

Akibat dari perlombaan panjat pinang

Tidak sedikit korban dari panjat pinang, dikarenakan pohon pinang yang tinggi dan licin, memungkinkan bisa tergelincir tanpa pelindung diri. Tidak hanya itu, penebangan pohon pinang juga sudah barang tentu merusak ekosistem hutan.

Dibalik semakin sulitnya pohon pinang didaerah, banyak di daerah seperti kelurahan-kelurahan menggunakan batang bambu sebagai gantinya, namun tidak sembarang bambu digunakan. Batang bambu yang besar yang selalu digunakan.

Demikian pembahasan panjat pinang, jika ada kritik dan saran, silahkan komen. Terimakasih 🙂

2 Comments

    1. Jika menurut saya, Indonesia saat ini belum seutuhnya merdeka, banyak anak bangsa yang dijegal karena ingin menyuearakan suaranya, memang demokrasi itu sulit. Tapi mungkin Indonesia bisa bangkit jika ada Bapak Soekarno ke 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published.