Knowladge / Uncategorized

Pengertian dan Jenis-Jenis Internet

Pengertian dan Jenis-Jenis Internet – Di Negara Indonesia. Internet sangatlah penting, karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan maupun pemerintahan. Internet sudah menjadi kebutuhan setiap masyarakat, disemua lapisan, kalangan menengah keatas maupun sebaliknya.

Indoensia saat ini menjadi pengguna internet terbesar ke 5, namun tidak dibarengi dengan sumber daya manusia yang baik, sebab masih banyak kejahatan syber di Indoensia.

Internet

Pengertian dan Jenis-Jenis Internet

Apa sebenarnya internet ? sudah tentu anda menggunakan setiap hari, namun tidak banyak dari kita sebenarnya internet, berikut pengertian dari KBBI tentang Internet.

Menurut KBBI, Internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas yang terorganisasi diseluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Jenis-jenis internet

Internet memiliki berbagai jenis, yang masing-masing di kelompokan diantaranya. Berdasarkan jangkaunan geografis, distribusi sumber informasi/data, media transmisi data, dan berdasarkan tiap peranan komputer. Mari simak pembahasan nya :

A. Berdasarkan Jangkauan Geografis

  • LAN ( Local Area Network )

LAN merupakan jaringan internet yang hanya mencakup wilayah yang kecil, LAN hanya mampu menjangkau 1 kilometer persegi, penggunaanya biasanya menggunakan teknologi IEEE 802.3 (kabel ethernet). Selain itu, ada lagi yaitu menggunakan teknologi 802.11b yang lebih dikenal dengan istilah Wi-Fi.

  • PAN ( Personal Area Network)

PAN adalah jaringan internet yang sangat kecil, lebih kecil dari LAN, jangkauan nya hanya 10 meter saja. Dan jaringan PAN ini biasa nya digunakan perseorangan, dan contohnya adalah bluetooth.

  • HAN ( Home Area Network )

Seperti namanya, jaringan ini hanya mencakup rumah saja, dan penyebaran nya menggunakan router. Seperti contoh berlangganan Televisi dengan internet, nanti akan ada router untuk arus pembagian internet nya.

  • MAN ( Metropolitan area network )

MAN adalah jaringan yang dikembangkan dari LAN, dan jangkauan nya menjadi lebih luas, bisa mencapai sekitaran 10-50 km. Jaringan ini mampu menghubungkan komputer dilain kota, yang masih dalam radius kurang dari 50 km, jaringan MAN didukung kabel dengan kecepatan transfer data yang sangat tinggi. Jadi untuk bertukar informasi data sangat cepat, jaringan ini hanya memiliki beberapa kabel, tanpa dilengkapi dengan switchng. Jadi rancangan MAN ini lebih simpel ketimbang LAN.

  • WAN ( Wide area network )

Jaringan WAN adalah jaringan yang paling luas, bisa mencakup seluruh luas suatu negara, Wan ini tidak jauh berbeda dengan Man. Sama-sama hasil penggabungan LAN. Namun LAN yang mampu dihubungkan oleh jaringan WAN lebih banyak ketimbang MAN.

B. Berdasarkan Transmisi data yang digunakan

  • Jaringan Berkabel ( Wired Network )

Jaringan ini adalah jaringan yang menggunakan kabel sebagai transmisi nya, cukup banyak kabel yang bisa digunakan, namun yang sering digunakan adalah UTP dan kabel Fiber Optik .

  • Jaringan Nirkabel / Tanpa Kabel ( Wireless Network )

Jaringan ini menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai transmisi nya, jadi jaringan ini membutuhkan alat yang dinamakan wireless adapter untuk aktifitas transfer datanya.

C. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi / Data

  • Jaringan terdistribusi

Jaringan terdistribusi ini terdiri dari beberapa jaringan terpusat, beberapa komputer client dan server saling terhubung yang membentuk suatu jaringan sistem tertentu

  • Jaringan Terpusat

Jaringa terpusat, jaringan ini memiliki komputer server sebagai sumber informasi/data, dan komputer lain yang sebagai client. Komputer client sebagai perantara saja, perantara sabagai tugas nya mengakses komputer server. Jadi pada intinya, komputer server adalah pusat, dan kom[uter client sebagai perantara pengakses data.

D. Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer Dalam Jaringan

  • Jaringan Client-Server

Jaringan ini sama seperti jaringan terpusat, namun jaringan ini terdiri dari beberapa komputer server dan kompter client, komputer server sebagai penyedia informasi dan komputer client menampilkan informasi.

  • Jaringan Peer to Peer

Jaringan peer to peer ini sangat berbeda dengan jaringan client server, walaupun sama sama menggunakan komputer server dan komputer client, namun fungsi dan tugas nya sangat amat berbeda.

Fungsi dari komputer server dan komputer client bisa bertukar, jadi komputer client bisa jadi komputer server, dan komputer server bisa menjadi komputer client.

Kita sebagai pengguna aktif internet, harus mengetahui dasar dasar jaringan, sebagai wawasan agar kita menjadi pengguna internet yang cerdas.

Demikian Pengertian dan Jenis-Jenis Internet, jika ada kesalahan atau kritik, silahkan bisa komen dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.