Knowladge / Uncategorized · Juli 10, 2019 0

Pengertian database

pengertian database
  1. Pengertian Database

Apa itu database ? – Database adalah sekumpulan data yang disimpan secara sistematis disebuah perangkat komputer, yang dapat diolah dan dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak “software”, program aplikasi agar bisa menghasilkan informasi setelah proses pengolahan.

Proses pengolahan data seperti input dan pengambilan data-data harus menggunakan DBMS, apa itu DBMS ? DBMS adalah (database management sistem), yang berfungsi untuk memelihara, mengakses, mengontrol secara praktis dan efisien oleh user database. Dalam teknologi yang semakin pesat ini sudah tentu database sangat penting, sebab bisa pengorganisasian data, menghindari data yang sama atau duplicate data.

Ada beberapa yang harus ditangani DBMS, seperti memeriksa integrity dan security yang disahilkan dari definisan basis data oleh DBA “Database administrator”, yang bisa menangani kerusakan sistem basis data ataupun media penyimpanannya sendiri.

Tujuan DBMS adalah untuk menyembunyikan bagaimana informasi tersedia, seperti kesulitan dalam pengolahan, kesulitan dalam susunan data secara efisien.

2. Pembagian Basis Data

Basis data dapat dibagi menjadi:

a. Basis data flat file
Basis data pada jenis ini lebih baik digunakan untuk penggunaan pengelolaan yang kecil, dan jenis ini lebih cocok untuk pengolahan data yang sederhana jadi untuk pengolahan data nya tidak rumit. Namun dibalik itu ada kendala yang akan dihadapi, dibasis data jenis ini akn rentan terhdapa korupsi data, sebab tidak ada penguncian khusus ketika dilakukan modifikasi data.

b. Basis data relasional
Basis data jenis ini lebih baik dalam strukturnya dan lebih logis, relasi berati memiliki banyak koneksi, jadi tabel-tabel nya dapat dihubungkan satu dengan yang lainnya. Basis data ini menggunakan dua dimensi yang tabel nya terususn oleh baris “tupel” dan kolom “atribut”.

Agar bisa menghubungkan anatar tabel maka diperlukan kunci, “key” yaitu primary key dislah satu tabel foreign key ditabel yang lainnya, saat ini, database relasion banyak digunakan, sebab mudahnya data dikembangkan dari pada basis data flat file.

Dalam basis data ini memiliki beberapa kekurangan, dikarenakan implementasi yang lebih sulit didalam jumlah data yang sangat besar, dan mencari datapun menjadi lebih lambat dikarenakan harus menghubungkan beberapa tabel. Namun dibalik kekurangannya, saat ini database relasion ini banyak digunakan oleh intansi pemerintah dan organisasi maupun perusahaan, karena kebutuhan penyimpanan data yang besar.

Demikian pembahasan pengertian database kali in, jika ada yang ingin menambahkan ataupun request artikel, silahkan bisa isi komentar dibawah.