Penyandang “Ratu Sampah” Amilia Agustin

Amilia Agustin, sang Ratu Sampah yang menerima penghargaan Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia Awards 2010, dedikasinya terhadap lingkungan memberikan motifasi bagi banyak orang. Bagaimana Amilia Agustin bisa dijuluki sebagai Ratu Sampah, dan bagaimana perjalanan dari awal sampai Amilia Agustin mendapatkan julukan tersebut. Lanjut saja menuju pembahasan tentang wanita hebat satu ini.

Ratu Sampah

Ratu sampah, itulah nama yang disandang oleh seorang wanita yang bernama Amilia Agustin sebut saja Amilia. Diketahui, Amilia mendapatkan julukan Ratu Sampah dikarenakan peduli terhadap lingkungan. Dilansir dari id.wikipedia.orgAgustin Amilia lahir pada 20 April 1996 di Bandung Jawa Barat. Dan bersekolah di SMA NEGERI 11 BANDUNG, dan mendirikan komunitas Go To Zero Waste School besama teman-temannya”. Dan dari sanalah bermula Amilia mulai bergelut dengan sampah, hal tersebut dikarenakan Amilia sangat peduli dengan lingkungan. Sehingga Amilia selalu memberikan solusi terhadap ibu-ibu disekitar rumahnya. Agar bisa memanfaatkan sampah menjadi barang berguna, Amilia melanjutkan keperduliannya terhadap lingkungan menjadi karya ilmiah bersama teman-temannya. Dan dibuatkan proposal pada acara Young Changemakers. Alhasil,program ilmiah Amilia disetujui dengan biaya 2,5 juta sebagai biaya operasional. Sampai saat ini Amilia telah menjadi salah satu inspirasi bagi banyak orang.

 

Amilia Agustin – astra.co.id

Tidak sampai situ saja, ketika Amilia lulus sekolah, dan meneruskan kuliah dibali. Amilia pun sering melihat tumpukan sampah, sehingga jiwanya kembali terpanggil untuk melanjutkan kegiatan pengolahan sampah dimasa SMA. Amilia bergabung dengan kegiatan kemahasiswaan di kampusnya, dan kegiatan tersebut bergelut terkait linkungan.

Dengan kegigihannya perduli terhadap linkungan, Amilia menerima penghargaan Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia Awards 2010. Dengan teman-temannya, Amilia membuktikan dirinya bahwa, perduli terhadap lingkungan harus dimulai dengan pergerakan nyata. Dan dengan dirinya seperti itu, Amilia membangun keperdulian masyarakat terhadap lingkungan, dan mendorong masyarakat mengelola sampah dengan baik. Ada beberapa kategori sampah yang banyak kita lihat, disetiap tumpukan-tumpukan beragam sampah yang mungkin bisa dimanfaatkan, berikut pembahasan sampah secara singkat.

Sampah

Sampah adalah salah suatu barang yang yang tidak digunakan lagi, sisaan dari suatu produk atau barang, yang masih bisa didaur ulang dan tidak bisa didaur ulang. Ada beragam macam sampah, seperti sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah Organik

Sampah organik adalah sisa dari makhluk hidup yang mudah terurai, sebab sampah seperti ini biasanya berasal dari ranting dan dedaunan. Ada dua macam sampah organik, yaitu, sampah organik basah dan kering. Adapun sampah organik basah meliputi sayur-sayuran yang dihasilkan dari rumah tangga, kulit buah jeruk atau buah-buahan lainnya. Sementara sampah organik kering, meliputi ranting, dedaunan dan kayu.

Sampah Anorganik

Sampah anorganik adalah, sampah yang tersisa dari produk atau barang tertentu. Dan sampah ini adalah salah satu sampah yang sulit terurai, namun ada beberapa macam sampah anorganik yang bisa didaur ulang. Sehingga menjadi barang-barang yang memiliki nilai ekonomi. Bahkan bisa didaur ulang menjadi karya seni, jika ditangan para ahli seni.

Manfaat

Terkadang, sampah memang menjadi masalah bagi manusia, namun dibalik itu sampah juga bisa bermanfaat. Contohnya, sampah organik bisa dijadikan bahan pakan ikan seperti pelet, dan bisa menjadi sumber energi biogas. Dan untuk anorganik, sampah dengan kategori ini, bisa dimanfaatkan dengan membuat kerjaninan. Misal, bisa dijadikan tas, kerajinan tangan seperti gelang dang yang lainnya. Demikian adalah pembahasan sedikit tentang sampah, pembahasan ini sedikit banyaknya bisa membuat pengetahuan sedikit bertambah.

Kesimpulan

Dari seorang Amilia, tentu saja banyak pelajaran yang dapat diambil, bahwa dengan bermodalkan niat dan pergerakan. Semua hal besar bisa dicapai, dan kegigihan dari seorang Amilia memberikan arti bahwa, suautu perbuatan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh tidak akan menghianati hasil. Serta yang paling terpenting adalah, ketulusan hati untuk melakukan hal kecil akan mengakibatkan terjadinya sebuah terobosan besar. Dan hal itu sudah dibuktikan sendiri oleh Amilia, Amilia adalah salah satu srikandi dalam lingkungan masyarakat Indonesia. Sudah sepatutnya lingkungan ini memerlukan banyak Amilia yang lain, untuk membenahi lingkungan di Indonesia. Demi Indonesia yang indah, sehat, bersih dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.