Tajwid · Februari 23, 2019 0

Hukum nun mati dan tanwin

Apa penjelasan dari nun sukun dan tanwin, dan bagaimana hukumnya, mari kita mulai pembahasannya.

Tanwin berasal dari bahasa arab (bahasa Arab: التنوين, “at tanwiin”) yaitu tanda baca/harkat pada tulisan bahasa arab untuk menyatakan bahwa pada akhir kata tersebut, hukum nun mati atau sukun dan tanwin adalah salah satu tajwid yang ada didalam bacaan Al-Qur’an, dan hukum ini berlaku ketika nun suku dan tanwin bertemu huruf-huruf hujaiyah yang terbagi menjadi beberapa hukum.

Tanwin dan nun sukun adalah salah satu yang sangat penting dalam Al-Qur’an yang harus dipahami dan biasa disebut dengan “Tajwid” hukum tajwid terbagi menjadi 5 yaitu :

A. Izhar

Definisi dari izhar secara bahasa adalah terang atau jelas.


izhhar adalah mengeluarkan setiap huruf dari mahkrojnya tanpa gunnah pada huruf yang pertama yakni nun sukun dan tanwin. Apabila nun sukun atau tanwin bertemu huruf yang 6 yaitu (أ ه ع ح غ خ) maka dihukumi izhhar. Cara bacanya ialah nun sukun dan tanwin dibaca sesuai makhroj dan sifat aslinya.

Dikarenakan izhar hurufnya berada di tenggorokan maka makhrajnya.


No Huruf Nun sukun Nun Sukun Tawin
1. أ  يَنْـأَوْنَ مِنْ أَهْـلِ رَسُوْلٌ أَمِيْنٌ
2. ه اَلْأَنْهَارُ مَنْ هَاجَرَ جُرُفٍ هَارٍ
3. ع أَنْـعَمْتَ مَنْ عَمِـلَ حَقًّا عَلـَى
4. ح يَنْـحِتُوْنَ مِنْ حَيْثُ عَلِيْمًا حَكِيْمًا
5. غ فَسَيَنْـغِضُوْنَ مِنْ غَيْرِ وَرَبٌّ غَفُوْرٌ
6. خ وَالْمُنْـخَنِقَةُ مِنْ خَـــوْفٍ يَوْمَئِذٍ خَاشِعَةٍ

B. Idgham Bigunnah

Idgham secara bahasa adalah memasukan.

Dan secara istilah adalah memasukan huruf yang sukun ke huruf yang berharokat, seakan-akan melafalkan huruf bertasydid dan mengangkat lisan satu kali adapun huruf-hurufnya adalah (ي ن م و) dan untuk cara baca idgham bigunnah sendiri dileburkan dan di dengungkan dan panjang 2 harkat, dan contohnya adalah :


No Huruf Nun Mati Tanwin
1. ي مَنْ يَّقُوْلُ قَوْمٌ يُّؤْمِنُوْنَ
2. ن مِنْ نِّعْمَةٍ عَامِلَةٌ نَّاصِبَةٌ
3. م مِنْ مَّسَدٍ عَذَابٌ مُّقِيْمٌ
4. و مِنْ وَّاقٍ خَيْرٌ وَّأَبْقَى

C. Idhgam Bilagunnah

Definisi dari Idgham bilagunnah apabila nun suku atau tanwin bertemu dengan huruf (ل) dan (ر). Dan adapun cara bacanya adalah dileburkan tanpa harus di dengungkan berikut contohnya :


No Nun Mati Tanwin Huruf
1. ل يَوْمَئِذٍ لَّـخَبِيْر أَنْ لَّـمْ يَرَهُ
2. ر غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ مِنْ رَبِّـهِمْ

D. Izhar Muthlaq

Izhhar Muthlaq adalah apabila nun mati bertemu ya’ dan wawu pada satu kalimah/kata. Contohnya ada 4 kata, yaitu (الدُّنْيَا), (بُنْيَانٌ),(قِنْوَانٌ) dan (صِنْوَانٌ). Keempat kata tersebut tidak diidghomkan karena takut tertukar dengan kata  (الدُّيَّا), (بُيَّانٌ), (قِوَّانٌ) dan (صِوَّانٌ).

E. Iqlab

Definisi Iqlab secara bahasa ialah memindahkan sesuatu dari bentuknya

Iqlab secara istilah adalah menjadikan satu huruf di tempat huruf yang lain serta menjaga ghunnah dan ikhfa di huruf yang pertama yakni nun sukun atau tanwin yang digantikan oleh mim. Huruf iqlab hanya satu yaitu (ب), dan berikut contohnya :


Contoh: من بعد   dibaca menjadi: ممـــــبعد

F. Ikhfa’

Secara bahasa: Menutupi

Secara istilah: Mengucapkan huruf dengan suara antara idghom dan idhar (tengah-tengah antara keduanya) beserta berdengung.

Huruf ikhfa’ ada 15:



ص ذ ث  ك ج ش ق س د ط ز ف ت ض ظ

contoh :
مِنْ جُوْعٍ , مِنْكُم , أَ نْفُسَكُمْ