Menuju Rumah Tangga Idaman – Bagi manusisa, berumah tangga adalah salah satu idaman. Dan berumah tangga adalah keseharusan, Dan Allah S.W.T berfirman :

“Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan; dan bertakwalah kepada Allah swt. yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah swt. adalah pengawas atas kamu”. (An Nisa: 1)

Dan Rasulullah S.A.W pun bersabda, sebagai berikut :

Dan selain itu, Rasulullah S.A.W pun bersabda :“Menikah adalah sunnahku, barangsiapa tidak mengamalkan sunnahku berarti bukan dari golonganku. Hendaklah kalian menikah, sungguh dengan jumlah kalian aku akan berbanyak-banyakkan umat. Siapa memiliki kemampuan harta hendaklah menikah, dan siapa yang tidak hendaknya berpuasa, karena puasa itu merupakan tameng.”

Maka dari itu, persiapan dan ilmu pernikahan harus dikuasai, agar menjadi keluarga yang sakinah mawadah serta warohmah. Saat ini banyak sekali pasangan muda mudi yang bercerai, dan tidak belaku baik ke sesama pasangan masing-masing. Bagaimana cara nya agar menjadi keluarga yang harmonis ?. Ada beberapa tips yang harus dilakukan oleh suami.

Tips menjadi suami yang baik

Ketika anda sudah menjadi seorang suami, tentu anda harus terbiasa dengan status anda, kebiasaan-kebiasaan buruk yang dulu harus ditiadakan. Berikut adalah tips yang perlu dilakukan agar keluarga indah dan damai, agar menjadi kepala rumah tangga yang baik :

1. Kerjakan pekerjaan rumah tangga bersama istri

Anda tentu pernah melihat istri kelelahan, ketika banyak pekerjaan rumah yang dikerjakan, sesibuk apapun anda biasakan kerjakan pekerjaan rumah. Mencuci piring, mengepel lantai, merapikan tempat tidur dan lain sebagainya. Tentu itu adalah pekerjaan anda juga, jangan pernah bilang membantu istri, sebab itu adalah rumah anda, jadi setiap perkara yang ada didalam rumah anda, itu adalah kerjaan anda juga.

2. Jadikan istri sebagai rekan

Istri adalah rekan, ya rekan dalam segala hal, tidak hanya dalam pekerjaan rumah tangga. Istri juga bisa diajak untuk berdiskusi, berdiskusi tentang pekerjaan anda. Denagn begitu anda tentu semakin banyak berbincang, suasana akan menjadi semakin hangat, di dalam perbincangan pasti akan ada suasan bercanda. Dan itu bisa anda manfaatkan, sebagai alat untuk meningkatkan keharmonisan.

3. Perlakuan lemah lembut

Perlakuan yang lemah lembut, tentu diidamkan oleh semua para istri, ketika ada perselisihan harus secara lembut penyelesaian nya. Tutur kata anda pun harus di atur agar tidak menyakiti hati dan menyinggung.

4. Luangkan waktu bersama untuk makan diluar

Sesekali, anda harus mengatur waktu untuk keluarga, ajak makan diluar untuk menghangatkan suasana. Tidak perlu restoran bintang 5, di angringan pun bisa, asalkan bersama dengan keluarga itu sudah cukup. Yang terpenting adalah kebersamaan yang tidak tehitung dengan harga.

5. Pemberi contoh yang baik

Jangan pernah menggurui istrimu, sebab terkadang istrimu sedang tidak enak hati, jadi usahakan berikan contoh dengan sikap dahulu baru dengan perkataan.

Sebagai imam keluarga, tentu saja anda harus bisa mengayomi keluarga anda, segi religius maupun hal umum. Lebih lagi ketika anda sudah memiliki anak, sangat baik jika hal postif yang anda tunjukan, sebab nanti akan di ikuti oleh anak anda.

6. Romantis

Romatis adalah salah satu cara yang ampuh, sebab sedikitpun keromantisan, akan semakin membuat hubungan semakin harmonis. Contoh kecil saja, anda memberikan perhatian atau bahkan hadiah kecil, tidak perlu mahal. Sebab istrimu akan menghargai apapun pemberianmu.

Terkadang memang sulit untuk bersikap romantis, namun usahakan sekecil apapun menjadi romantis. Tidak banyak yang mampu mempertahankan keromantisan sampai tua, jika anda ingin berusaha, pasti akan bisa melakukan nya.

7. Religius

Memiliki ilmu agama itu wajib, apalagi jika istrimu melakukan hal yang tidak seharusnya, anda bisa menasehatinya dengan lemah lebut. Tentunya adab yang diutamakan, ajaklah istrimu untuk tadarus bersama, shalat berjamaah dan kegiatan agamis lain nya.

Ilmu agama harus terus anda pelajari, kenapa ?, sebab ilmu agama bisa mendidik anda dan keluarga. Banyak aturan aturan yang semakin anda ketahui, maka semakin indah keluarga yang anda jalani.

Kesimpulan

Sebagai kepala rumah tangga, kita tidak boleh egois ingin benar sendiri, anda memiliki 2 pemikiran yang harus menjadi 1. Dan tentunya berjalan bersama dengan istri, pada intinya kita harus tetap belajar mencintai istri, kenapa harus belajar dan belajar mencintai. Anda setiap hari dengan istri, melakukan apapun dengan istri, semua sikap nya akan terlihat. Sikap tersebut lah yang harus anda cintai.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.